E-Sports Berhasil Menghadapi Tantangan Bekerja Online Saat Ini

e-sports

Analisis terbaru menunjukkan persentase orang yang bekerja dari rumah telah meningkat sebesar 140% sejak 2005. Dan keadaan saat ini telah menyebabkan peningkatan yang bahkan lebih besar dalam beberapa minggu terakhir, terutama di e-sports.

Bekerja jarak jauh dan telecommuting perlahan menjadi norma, dan bisnis cepat beradaptasi. Sebuah artikel mengatakan bahwa sekitar dua pertiga dari usaha kecil telah memungkinkan semacam pengaturan kerja jarak jauh. Dan 70% dari itu telah mengakui hubungan antara pengaturan kerja yang fleksibel dan peningkatan produktivitas. Namun, banyak bisnis yang kesulitan untuk melakukan transisi, dan di sinilah e-sports dapat bersinar.

Industri esports selalu berada di garis depan dalam hal kerja jarak jauh, dan pembatasan yang diberlakukan karena pandemi global telah menyoroti fakta ini. Selama masa-masa sulit ini, industri e-sports berfungsi sebagai bidang yang dapat dilihat orang lain ketika berhadapan dengan pekerjaan jarak jauh.

Pandemi global juga menyebabkan penundaan hampir semua liga olahraga profesional utama di seluruh dunia. Bulan lalu, setelah seorang pemain Jazz Utah dinyatakan positif terkena virus, NBA langsung dihentikan sementara. Pekan lalu, Olimpiade Tokyo juga ditangguhkan hingga Desember 2020 bersama beberapa liga olahraga lain. Kompetisi LA Major, Epicenter Major, DOTA PIT Minor dan Rift Rivals juga telah dibatalkan.

Terlepas dari pembatalan ini, e-sports telah menunjukkan kelayakan bekerja dalam situasi sulit setelahdimulainya kembali liga-liga tertentu. Misalnya, seluruh tahap grup ESL Pro League di CS: GO akan dimainkan online dan final offline akan dipindahkan dari Denver ke lokasi studio untuk mengurangi risiko potensi pembatasan perjalanan. Pekan lalu, Call of Duty League kembali memulai turnamen esports online yang dapat dinikmati oleh pemirsa.

Blizzard Entertainment dan Overwatch League juga mengumumkan bahwa sisa musim reguler akan dimulai dan beralih ke permainan online, setelah keberhasilan akhir pekan pertama pertandingan online mereka. Bahkan sebagai industri yang selalu berkembang dalam dunia online, liga e-sports masih menghadapi tantangan unik yang disebabkan oleh pandemi global yang kita semua hadapi. Namun, dimulainya kembali sejumlah liga menunjukkan betapa tantangan ini mudah diatasi.