E-Sports: ESL dan DreamHack Akan Adakan Turnamen Starcraft II dan Warcraft III

E-Sports: ESL dan DreamHack Akan Adakan Turnamen Starcraft II dan Warcraft III

E-Sports dapat disebut sebagai cabang olahraga yang terus mengalami perkembangan. Peningkatan kemudahan untuk akses terhadap permainan dan peningkatan kualitas teknologi menjadi dua faktor pendorong utama. Cabang olaharaga ini mengalami perkembangan yang signifikan sepanjang 2019.

E-Sports sebagai satu cabang olahraga juga mendapatkan faktor pendorong lain. Perkembangannya yang berbeda dengan olahraga tradisional juga terbantu karena terdapat berbagai cabang permainan. Olahraga elektronik ini tidak dapat digambarkan dengan satu cabang permainan atau gim tertentu. Hal ini berbeda dengan olahraga tradisional yang, secara umum, berlangsung secara seragam di berbagai tingkat.

Terdapat berbagai cabang permainan yang mendapatkan sorotan tinggi setiap tahunnya. Kekuatan dari komunitas yang aktif menjadi pendorong utama yang dimanfaatkan oleh penerbit dan pengembang berbagai gim. Hal ini terlihat jelas dalam beberapa tahun terakhir dengan meningkatnya tren transaksi mikro dalam berbagai gim, baik yang mendorong lingkungan kompetitif maupun tidak.

Perkembangan yang dirasakan oleh ESports juga semakin beragam dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai gim mencoba untuk membangun lingkungan kompetitif dengan berbagai gim. Terdapat berbagai genre permainan yang mendapatkan sorotan tinggi dalam dunia ESports dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari genre permainan MOBA yang terus meningkat dan berkembang, battle royale, sampai FPS (first person shooter) klasik.

Keadaan ini membuat kesempatan untuk membangun lingkungan kompetitif menjadi sangat tinggi. Hal ini dimanfaatkan oleh berbagai pengembang untuk terus meningkatkan aspek itu agar dapat memberikan insentif sekaligus memperoleh pendapatan.

Kesempatan bagi berbagai perusahaan untuk melakukan ekspansi semakin terbuka sepanjang 2019 dan 2020. Meningkatnya minat untuk berpartisipasi dalam dunia ESports, baik sebagai atlet maupun sekadar penonton, menjadi faktor pendorong utama. Keadaan ini dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan lingkungan kompetitif di berbagai wilayah.

Seperti dilansir dari Dot ESports, tahun 2020 akan menghadirkan perkembangan dalam kompetisi Starcraft II dan Warcraft III: Reforged. ESL dan DreamHack telah mencapai kesepakatan denga Blizzard untuk mengadakan turnamen ESports dalam kontrak berdurasi tiga tahun. Kesepakatan tersebut membuat akan adanya turnamen yang bernilai lebih dari 4,6 juta dolar Amerika Serikat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.