E-Sports: Mengapa Nintendo Berbeda dengan Perusahaan Lainnya

E-Sports: Mengapa Nintendo Berbeda dengan Perusahaan Lainnya

E-Sports dapat disebut sebagai cabang olahraga yang terus mengalami perkembangan. Peningkatan kemudahan untuk akses terhadap permainan dan peningkatan kualitas teknologi menjadi dua faktor pendorong utama. Cabang olaharaga ini mengalami perkembangan yang signifikan sepanjang 2019.

E-Sports sebagai satu cabang olahraga juga mendapatkan faktor pendorong lain. Perkembangannya yang berbeda dengan olahraga tradisional juga terbantu karena terdapat berbagai cabang permainan. Olahraga elektronik ini tidak dapat digambarkan dengan satu cabang permainan atau gim tertentu. Hal ini berbeda dengan olahraga tradisional yang, secara umum, berlangsung secara seragam di berbagai tingkat.

Terdapat berbagai cabang permainan yang mendapatkan sorotan tinggi setiap tahunnya. Kekuatan dari komunitas yang aktif menjadi pendorong utama yang dimanfaatkan oleh penerbit dan pengembang berbagai gim. Hal ini terlihat jelas dalam beberapa tahun terakhir dengan meningkatnya tren transaksi mikro dalam berbagai gim, baik yang mendorong lingkungan kompetitif maupun tidak.

Perkembangan yang dirasakan oleh ESports juga semakin beragam dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai gim mencoba untuk membangun lingkungan kompetitif dengan berbagai gim. Terdapat berbagai genre permainan yang mendapatkan sorotan tinggi dalam dunia ESports dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari genre permainan MOBA yang terus meningkat dan berkembang, battle royale, sampai FPS (first person shooter) klasik.

Keadaan ini membuat kesempatan untuk membangun lingkungan kompetitif menjadi sangat tinggi. Hal ini dimanfaatkan oleh berbagai pengembang untuk terus meningkatkan aspek itu agar dapat memberikan insentif sekaligus memperoleh pendapatan.

Kesempatan bagi berbagai perusahaan untuk melakukan ekspansi semakin terbuka sepanjang 2019 dan 2020. Meningkatnya minat untuk berpartisipasi dalam dunia ESports, baik sebagai atlet maupun sekadar penonton, menjadi faktor pendorong utama. Keadaan ini dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan lingkungan kompetitif di berbagai wilayah.

Namun keadaan berbeda dilakukan oleh Nintendo. Perusahaan asal Jepang itu memang memberikan dukungan terhadap komunitas ESports mereka, yang aktif mengadakan turnamen untuk gim Super Smash Bros. Ultimate.

Seperti dilansir dari Kotaku, mereka tidak memberikan dukungan langsung berupa hadiah besar dalam berbagai turnamen. Meskipun aktif memberikan dukungan untuk mengadakannya, dukungan berupa hadiah secara langsung tidak diberikan untuk menjaga identitas gim utama mereka. Smash Bros memiliki identitas sebagai gim yang dapat dinikmati dengan santai oleh keluarga dan teman, dan itu masih ingin dipertahankan oleh Nintendo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.