League of Legends: Worlds 2019 Menjadi Turnamen Terpopuler Pada 2019

League of Legends: Worlds 2019 Menjadi Turnamen Terpopuler Pada 2019

League of Legends terus mengalami perkembangan yang signifikan sejak dirilis pada 2009. Rangkaian turnamen Worlds 2019, yang dimenangkan oleh FunPlus Phoenix (FPX), semakin menyoroti kesuksesan gim dengan genre MOBA tersebut. Perkembangan tersebut terus dirasakan di wilayah Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

League of Legends (LoL) terus berkembang di seluruh dunia. Gim yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games itu juga mulai melakukan ekspansi dengan adanya versi untuk perangkat telepon seluler dan konsol. Perkembangan gim ini dalam perangkat PC membuatnya menjadi salah satu bagian penting dari pasar E-Sports yang terus mengalami perkembangan yang signifikan dari berbagai sektor.

Meskipun terdapat berbagai gim baru yang masuk dalam dunia E-Sports, LoL terus bertahan dengan basis peminat yang terus meningkat. Minat tidak hanya muncul dari segi pemain yang ingin masuk ke dunia E-Sports dan mendapatkan kontrak profesional dari berbagai tim, tetapi dari jumlah penonton yang menyaksikan rangkaian pertandingan kompetitif maupun non-kompetitif.

Rangkaian pertandingan final Worlds 2019 disaksikan secara langsung oleh kurang lebih lima juta penonton dalam kanal resmi E-Sports LoL. Rangkaian pertandingan tersebut tetap memiliki minat yang tinggi untuk disaksikan secara langsung meskipun memiliki durasi yang nyaris mencapai 12 jam. Selain itu, pertandingan yang diadakan antara FPX dan G2 ESports di AccorHotels di Paris, Prancis, juga berlangsung dengan adanya penonton yang memenuhi ruangan pertandingan.

Perkembangan signifikan yang berlangsung secara konsisten juga semakin meramaikan wacana untuk mengadakan kompetisi tingkat dunia dengan perwakilan berbasis negara. Namun sejauh ini Riot Games baru mengatakan bahwa hal ini baru masuk dalam pertimbangan mereka, dan baru dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama karena membutuhkan perencanaan yang matang.

Hal yang sudah pasti diumumkan adalah penyelenggara rangkaian turnamen Worlds 2020. Shanghai (Tiongkok) akan menjadi tuan rumah. Penunjukkan ini dapat memberikan keuntungan kepada FPX, yang menjadi juara pada edisi 2019, dan Invictus Gaming (IG), yang menjadi juara pada edisi sebelumnya.

Seperti dilansir dari Dot ESports, penyelenggaraan turnamen Worlds 2019 terbukti menjadi salah satu puncak dari ajang kompetitif LoL. Pernyataan ini dibuat berdasarkan jumlah waktu para penonton menyaksikan pertandingan dan juga jumlah penonton yang menyaksikannya.

Momen puncak terjadi dalam babak semifinal antara T1 dan G2 ESports, yang disaksikan oleh 3,9 juta penonton. Sementara dari segi jumlah waktu, para penonton dalam keseluruhan turnamen menghabiskan waktu selama 136 jam untuk menyaksikan rangkaian pertandingan yang ada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.